Skip to main content

Evaluasi UAS Matematika

UAS untuk mata pelajaran matematika sudah beres! Waktunya untuk mengevaluasi seberapa jauhkah kalian mampu memahami materi yang sudah disampaikan satu semester kebelakang?

Hal pertama yang perlu diingat adalah nilai bukan segalanya!

Hal keduanya yang perlu kalian perhatikan adalah Guru selalu mencatat perkembangan belajar kalian!

Belajar itu butuh proses. Apalagi mempelajari matematika! Matematika bukan sulap!

Bapak akan share disini bahwa persentase penilaian untuk di rapot sekarang yaitu 50% dari nilai sehari-hari yang kalian perjuangkan, 30% nilai UAS (dengan catatan; nilai murni alias nilai kejujuran pada saat mengerjakan UAS), 20% nilai olahan pada saat UTS yang lalu.

Nah, khusus di penilaian UAS, bapak punya kriteria penilaian sendiri. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga rasa keadilan diantara kalian.

Mustahal (lebih dari mustahil) jika keseharian kalian dikelas tiidak fokus, kalian bisa mendapatkan nilai tinggi, dibandingkan dengan teman kalian yang dalam kesehariannya bermandikan keringat untuk memahami matematika. Matematika bukan sulap!

Banyak faktor nonteknis memang ketika mengerjakan soal di waktu UAS. Sehingga mempengaruhi nilai akhir UAS kalian.

Bagi kalian yang sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari untuk menghadapi UAS, bisa saja mempunyai nilai lebih kecil dibandingkan nilai teman kalian yang justru hare-hare persiapan menghadapi UAS. Tapi ingat nilai bukan segalanya!

Faktor stress bisa saja membuat kalian tiba-tiba nge-blank! Tidak tahu dari mana mulai mengerjakan soalnya! bisa saja lupa rumus-rumus yang biasa kalian kunyah dikelas padahal sebelumnya rumus-rumus tersebut sudah kalian kuasai.

Dipetik saja pelajarannya, sehingga kedepan ketika menghadapi ujian kalian tidak perlu berstress ria! Enjoy saja! PeDe saja!

Faktor pengawas menentukan prestasi.. hmm rasanya hal ini sama juga tidak adilnya untuk kalian.

Disaat kalian bersusah payah memahami materi, dan stuck ketika berhadapan dengan soal yang padahal kalian kuasai, kalian mencoba tetap cool, dan tidak tergoda untuk mencontek!

Disisi lain rekan-rekan kalian malah memanfaatkan kelengahan pengawas (da pengawas juga manusia atuh) justru asyik mengirimkan pesan berantai, yang bisa mengatrol nilai ujiannya! Silly!

Bagaimanapun karakter pengawas, kejujuran itu adalah kunci utama hidup nyaman didunia dan akhirat kawan! jadi kejujuran tidak bisa ditawar-tawar lagi!

So.. Pada akhirnya bapa akan ulang: nilai akademis adalah bukan segalanya! Skill dan kejujuran adalah modal kalian untuk sukses!

Sukses seseorang itu tidak bisa disamaratakan! Sukses itu bergerak dari titik minus ke titik positif, sekecil apapun perubahan ke arah yang lebih baik versi diri kalian sendiri, maka hal itulah yang bisa dikatakan kalian telah mencapai kesuksesan yang cemerlang!
Percayalah pada kemampuan diri sendiri!

Publikasi nilai UAS akan di post kan juga di Blog Kehidupan Sekolah ini yaa.. Stay tune terus oke! ^^

Comments

  1. Trimakasih pengertiannya paa, tapi itu paragraf terakhir tolong di hapuskan bapaa -_-

    ReplyDelete

Post a Comment

Selamat datang di blog handrizakk.blogspot.com, Mari berbagi dengan tulisan. Sahabat bisa temukan saya di f: Handri Zakki Pratama | t: @handrizakk

Popular posts from this blog

Perbedaan Angka dan Nilai

Hiyaaa sudah resmi liburan? hehehe Raport sudah dibagi yaa, bagaimana dengan hasilnya?memuaskan? hehehe nilai matematikanya bagaimana? ada yang mau di komplen? ^^ Terlepas dari hasil yang sudah kalian terima, angka-angka yang ada di raport itu adalah gambaran dari proses pembelajaran yang sudah kalian lewati  selama satu semester terakhir ini dude , so ikhlasin aja yaa.. hehehe Ada catatan kecil nih tentang angka-angka yang muncul di raport yang mesti kalian renungkan.  Kalian harus cerdas membedakan angka dan nilai. Bapak garis bawahi lagi yaa.. angka dan nilai ! Sifat angka itu abstrak, hah? maksudnya? kalian tau ini angka berapa >>  8? DELAPAN , iya tepat! tapi kalian tau wujud angka 8 seperti apa? hehehe . Ingat ke pelajaran IPA bagaimana karakteristik benda yang berwujud zat padat, cair, dan gas. Nah, sekarang bagaimana dengan nilai 8? nilai 8 bisa jadi makna nya ada 8 macam buah benda yang berwujud zat padat/ cair/ gas. 8 drum yang berisi 8 liter air yang be

TUGAS REMEDIAL MATEMATIKA

Ujian Akhir Semester untuk semua mata pelajaran sudah usai. Sekarang guru sedang mengolah keseluruhan nilai yang akan didokumenkan dalam bentuk rapot, kalian hanya tinggal menunggu hasilnya seperti apa, maksimalkah? Beragam perasaan setelah UAS pasti muncul untuk memprediksikan nilai yang akan kalian dapatkan, puas, setengah puas, atau tidak puas sama sekali. Tapi ingat nilai akademis bukanlah segalanya! Khusus di mata pelajaran matematika, pengolahan nilai sudah hampir selesai. Nilai yang diolah diambil dari pengamatan guru dikelas selama proses pembelajaran berlangsung, nilai UTS, dan nilai UAS. Besaran persentase pengolahan nilainya yaitu 60% diambil dari nilai proses, 20% dari nilai UTS, dan 20% dari nilai UAS.  Sejujurnya ada besaran persentase yang sangat signifikan yang bisa mengangkat nilai kalian, yaitu nilai kasih sayang. hehehe term and condition nya berlaku yaa..  Hasil pengolahan nilai sementara cukup menggembirakan. Hanya saja ada yang perlu disesalkan bagi beber

DREAM WALL ( Mudahnya Mewujudkan Cita-cita )

INTRO "Apapun yang kamu bayangkan, inginkan dengan sungguh-sungguh, percaya dengan sepenuh hati, dan bertindaklah dengan antusias, TIDAK MUNGKIN TIDAK TERWUJUD! " Okeh disela-sela waktu memeriksa tugas siswa yang sedang sibuk prakerin -an , tiba-tiba terlintas begitu saja terpikir untuk mendesain kelas menjadi lebih cozy (artikan saja sendiri yaa) hehehe Yang terpikir adalah bagaimana mengevaluasi hasil prakerin siswa. Maksudnya? Ya, sekedar ingin tahu sejauh mana siswa sudah meng- capture dunia kerja. Meng- capture disini maksudnya sudah berapa banyak sosok-sosok di dunia kerja yang direkam oleh otak siswa such as Boss, HRD, KaBag, KaDiv. dsb., dan seberapa kuat keinginan mereka untuk menjadi sosok-sosok yang mereka sudah rekam.,atauuuu sama sekali tidak terpikirkan oleh mereka untuk menjadi sosok-sosok yang disebutkan tadi! hehe Nah, INTRO diatas saya coba realisasikan dengan membuat "DREAM WALL"! Alat untuk menjaga mood siswa untuk konsisten me