Skip to main content

Setelah Ujian Nasional, Mau Ngapain?

Selamat malam leaders!


When the Future will come to you


Ujian Nasional telah kalian lewati dengan hebat! dengan usaha yang tidak mudah, kejujuran, kedisiplinan, peengorbanan tidur hanya 3 jam! hanya demi berlatih soal matematika, that's awesome! Kalian memang luar biasa.. apalagi bagi kalian yang ujian di negara orang (SMK Yadika Tanjungsari), perjuangan kalian pastilah tidak mudah untuk dilupakan!

Kini, tinggallah saatnya bagi kalian untuk memulai kehidupan baru setelah kenyang dengan ritme sekolah, kalian harus bisa menentukan arah hidup kalian kedepan, apa yang ingin kalian capai?

1. Melanjutkan studi?

2. Berwirusaha?

3. Bekerja?

atau yang ke-4 NIKAH? hehe

Design your life you love!

Yup, ciptakan arah hidupmu sendiri, apa yang kalian sukai dan menurut kalian itu besar manfaatnya: jalankan, hidupkan, percayakan semuanya pada keyakinan dan kemampuan kalian untuk berhasil!


Rancang arah hidup kalian mulai dari besok! Titip pesan, jangan sampai kalian bingung sendiri dan muncul pertanyaan "setelah sekolah saya mau ngapain ya?"

Baiklah.. bagi kalian yang masih kebingungan mencari arah untuk melanjutkan hidup after school, kalian coba renungkan pernyataan-pernyataan dibawah ini dengan seyakin-yakin nya ya!

Bagi kalian yang ingin BERWIRAUSAHA:


Better than worker


Modal kalian cuma satu: Keberanian!

Anak PERHOTELAN bisa bikin kue yang unik-unik dan tentunya enak, kenapa tidak dikemas dan dijual saja?

Anak TKJ bisa diandalkan untuk membuat jaringan IT sederhana untuk kebutuhan perusahaan-perusahaan yang sedang berkembang, kenapa tidak buat promo saja sebagai konsultan jaringan, atau minimal buka usaha instalan software-software terupdate saat ini?

Anak TKR sudah paham betul tentang permesinan kendaraan ringan, kenapa tidak buka bengkel kecil-kecilan dulu saja?

Anak AKUNTANSI dan ADM. PERKANTORAN bisa saja menawarkan ide dan jasa untuk membantu teman-teman perhotelan, TKJ, dan TKR untuk mengatur sirkulasi keuangan dan pengaturan manajerialnya! Hebat bukan kolaborasi yang tercipta?

Bagi kalian yang ingin BEKERJA:

Kerja Kerja Kerja!

Modal kalian tidak cukup hanya keberanian saja! Kalian perlu mempunyai mental sebagai pekerja yang punya inisiatif tinggi, kejujuran yang tinggi, disiplin yang tinggi, etos kerja yang tinggi, loyalitas yang tinggi, kepribadian yang bersahaja, bisa bekerja dengan tim, dan tingkat adaptasi yang cepat, agar kalian bisa jadi pekerja yang punya nilai tinggi! JANGAN LUPA ANDALKAN JUGA RELASI!

Mulai dari sekarang bisa di googling, berbagai macam lowongan kerja yang memebutuhkan fresh graduate di JOBS IDJOBSTREET, dan website lowongan pekerjaan lannya, it's simple to googling!

Arahkan bidikan tempat kerja kalian di BUMN-BUMN terkemuka such as: PT. KAI, BPJS, PLN, dll. biasanya mereka menyediakan lowongan kerja untuk anak SMK

Siapkan Curiculum Vitae (CV) terbaik kalian, cantumkan keahlian kalian misal bisa mengoperasikan Microsoft Office, dan fasih berbahasa inggris aktif!

Bagi kalian yang ingin MELANJUTKAN STUDI:

Beda cara belajar di sekolah dan di kampus
Pendidikan di jenjang SMK memang tidak dirancang khusus untuk kalian siap melanjutkan kuliah, wayahna bagi kalian yang ingin melanjutkan kuliah, apalagi ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) kalian harus belajar extra untuk mengejar materi-materi soal yang akan diujikan.

Banyak alternatif untuk tempat kuliah, tapi yang penting temukan dulu potensi dan minat kalian di bidang apa. Misal: "Ah, saya mah suka matematika" nah, ini tandanya kamu cocok di air untuk belajar matematika, bisa jadi penerus bapak juga.. hehehe

Atau bagi kalian yang ingin kuliah gratisan bisa lah arahkan bidikan kalian untuk kuliah di PTN ikatan dinas macam: Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS), atau bisa buka link ini untuk cari tahu sekolah ikatan dinas lainnya Sekolah Tinggi Ikatan 
Dinas.

Jangan takut untuk mencoba!

Berlatih yang serius, pesaing kalian memang banyak tapi sebagian mereka adalah penggembira yang hanya ikut ramainya saja.. hehe

Bagi kalian yang ingin MENIKAH:

TRUE!


Seriusssss???

Ga masalah bagi kalian yang sudah mapan dan siap secara jasmani dan rohani.. malah disarankan.. hehe

Yang terpenting adalah do'a restu orang tua!

Semoga pilihan kalian bisa membawa banyak manfaat untuk bekal kehidupan kalian dimasa yang akan datang, semoga bisa membahagiakan orang-orang yang telah menyayangi kalian selama ini.

Semangat menentukan arah dakkkk!

Best Regard:
Mr. Han

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Angka dan Nilai

Hiyaaa sudah resmi liburan? hehehe Raport sudah dibagi yaa, bagaimana dengan hasilnya?memuaskan? hehehe nilai matematikanya bagaimana? ada yang mau di komplen? ^^ Terlepas dari hasil yang sudah kalian terima, angka-angka yang ada di raport itu adalah gambaran dari proses pembelajaran yang sudah kalian lewati  selama satu semester terakhir ini dude , so ikhlasin aja yaa.. hehehe Ada catatan kecil nih tentang angka-angka yang muncul di raport yang mesti kalian renungkan.  Kalian harus cerdas membedakan angka dan nilai. Bapak garis bawahi lagi yaa.. angka dan nilai ! Sifat angka itu abstrak, hah? maksudnya? kalian tau ini angka berapa >>  8? DELAPAN , iya tepat! tapi kalian tau wujud angka 8 seperti apa? hehehe . Ingat ke pelajaran IPA bagaimana karakteristik benda yang berwujud zat padat, cair, dan gas. Nah, sekarang bagaimana dengan nilai 8? nilai 8 bisa jadi makna nya ada 8 macam buah benda yang berwujud zat padat/ cair/ gas. 8 drum yang berisi 8 liter air yang be

TUGAS REMEDIAL MATEMATIKA

Ujian Akhir Semester untuk semua mata pelajaran sudah usai. Sekarang guru sedang mengolah keseluruhan nilai yang akan didokumenkan dalam bentuk rapot, kalian hanya tinggal menunggu hasilnya seperti apa, maksimalkah? Beragam perasaan setelah UAS pasti muncul untuk memprediksikan nilai yang akan kalian dapatkan, puas, setengah puas, atau tidak puas sama sekali. Tapi ingat nilai akademis bukanlah segalanya! Khusus di mata pelajaran matematika, pengolahan nilai sudah hampir selesai. Nilai yang diolah diambil dari pengamatan guru dikelas selama proses pembelajaran berlangsung, nilai UTS, dan nilai UAS. Besaran persentase pengolahan nilainya yaitu 60% diambil dari nilai proses, 20% dari nilai UTS, dan 20% dari nilai UAS.  Sejujurnya ada besaran persentase yang sangat signifikan yang bisa mengangkat nilai kalian, yaitu nilai kasih sayang. hehehe term and condition nya berlaku yaa..  Hasil pengolahan nilai sementara cukup menggembirakan. Hanya saja ada yang perlu disesalkan bagi beber

DREAM WALL ( Mudahnya Mewujudkan Cita-cita )

INTRO "Apapun yang kamu bayangkan, inginkan dengan sungguh-sungguh, percaya dengan sepenuh hati, dan bertindaklah dengan antusias, TIDAK MUNGKIN TIDAK TERWUJUD! " Okeh disela-sela waktu memeriksa tugas siswa yang sedang sibuk prakerin -an , tiba-tiba terlintas begitu saja terpikir untuk mendesain kelas menjadi lebih cozy (artikan saja sendiri yaa) hehehe Yang terpikir adalah bagaimana mengevaluasi hasil prakerin siswa. Maksudnya? Ya, sekedar ingin tahu sejauh mana siswa sudah meng- capture dunia kerja. Meng- capture disini maksudnya sudah berapa banyak sosok-sosok di dunia kerja yang direkam oleh otak siswa such as Boss, HRD, KaBag, KaDiv. dsb., dan seberapa kuat keinginan mereka untuk menjadi sosok-sosok yang mereka sudah rekam.,atauuuu sama sekali tidak terpikirkan oleh mereka untuk menjadi sosok-sosok yang disebutkan tadi! hehe Nah, INTRO diatas saya coba realisasikan dengan membuat "DREAM WALL"! Alat untuk menjaga mood siswa untuk konsisten me