Skip to main content

Hukuman Nilai 100! (Dahsyatnya Notif dan Reward)

Sedikit banyaknya pusing untuk menentukan topik postingan kali ini. Terlalu banyak yang ingin dituangkan lewat tulisan soalnya.. (padahal sebaliknya sih) hehehe. 

Ya begini deh kalau si ide lagi surut.. Hanya bisa memaksakan elmu maksakeun (googling aja ya artinya sendiri) agar mood menulis tetap lancar jadi harus dipaksakan menulis.

Mau sharing tentang notifikasi dan reward dalam pembelajaran nih. Tanpa bermaksud untuk menggurui rasa-rasanya harus diperjuangkan oleh rekan-rekan guru nih, saya sudah mulai menerapkannya, dan ajaib hasilnya!

Beberapa waktu lalu setelah pekan ujian tengah semester usai, hasilnya mulai terasa. Yaa meski belum dirasa signifikan namun bisa dikategorikan lumayan lah untuk menambah rasa PeDe pada diri siswa.

Seperti yang sudah menjadi kebiasaan, setiap beres melaksanakan quiz (ulangan harian) saya selalu membuhi hasil quiz siswa dengan notif-notif yang sifatnya membangun kepercayadirian mereka, ya sesekali juga diselipkan candaan-candaan pereus dengan tujuan si siswa harus berusaha belajar lebih giat lagi.
Curhatan siswa kala tak berdaya menjawab soal

Curhatan siswa kala bimbang dan ragu melanda untuk menjawab soal



Curhatan siswa yang tak mampu sama sekali menjawab soal
hahahaha, yaa beginilah gaya saya.. yang terkadang membuat siswa sendiri merasa aneh dengan tingkah polah saya ini.
Hey! Ini pelajaran MATEMATIKA! saya ulangi MATEMATIKA!
Jangan terlalu dibawa kematematikaannya lah, orang sedari dulu merasa matematika itu pelajaran yang tidak ramah, saya hanya mencoba menerapkan bahwa pelajaran matematika itu tidak se-kaku yang kalian bayangkan. hehehe

Mungkin, sebagian orang setelah membaca postingan ini akan mencibir gaya saya, tapi inilah gaya saya.. hehehe

Setiap siswa itu unik!

Dan... BAMPPPPP hari rabu minggu kemarin salah satu siswa saya berhasil meraih nilai 100!
(sayangnya saya tidak mendokumentasikannya) hikkksss

Jangan tanyakan bagaimana senangnya ketika angka 100 muncul didaftar nilai Guru Matematika. hehehe

Banyak faktor mungkin bisa menjadi catatan ketika kualitas angka 100 ini saya berikan kepada siswa saya.

Tapi tak apalah.. yang penting setidaknya jiwa matematikanya sudah ia dapatkan.

Pada akhrinya satu bungkus cokelat SilverQueen pun saya berikan kepadanya, sebagai tanda terimakasih saya kepadanya karena sudah 100% total mengikuti kelas matematika (lagi-lagi saya lupa mendokumentasikannya) hikkkkkkss (lagi).

Ketika reward ini diberikan, saya perhatikan teman satu kelasnya termotivasi untuk mendapatkan silverqueen-silverqueen selanjutnya.

Dan begitulah dahsyatnya reward terhadap perkembangan kepercayadirian anak-anak kita :)

Comments

  1. wiiiihhh kreativ bangett wkwkwk
    from:Salwa Elyasa (murid pak handri yg baik hati,rajin menabung, dan tidak sombong)

    ReplyDelete

Post a Comment

Selamat datang di blog handrizakk.blogspot.com, Mari berbagi dengan tulisan. Sahabat bisa temukan saya di f: Handri Zakki Pratama | t: @handrizakk

Popular posts from this blog

Perbedaan Angka dan Nilai

Hiyaaa sudah resmi liburan? hehehe Raport sudah dibagi yaa, bagaimana dengan hasilnya?memuaskan? hehehe nilai matematikanya bagaimana? ada yang mau di komplen? ^^ Terlepas dari hasil yang sudah kalian terima, angka-angka yang ada di raport itu adalah gambaran dari proses pembelajaran yang sudah kalian lewati  selama satu semester terakhir ini dude , so ikhlasin aja yaa.. hehehe Ada catatan kecil nih tentang angka-angka yang muncul di raport yang mesti kalian renungkan.  Kalian harus cerdas membedakan angka dan nilai. Bapak garis bawahi lagi yaa.. angka dan nilai ! Sifat angka itu abstrak, hah? maksudnya? kalian tau ini angka berapa >>  8? DELAPAN , iya tepat! tapi kalian tau wujud angka 8 seperti apa? hehehe . Ingat ke pelajaran IPA bagaimana karakteristik benda yang berwujud zat padat, cair, dan gas. Nah, sekarang bagaimana dengan nilai 8? nilai 8 bisa jadi makna nya ada 8 macam buah benda yang berwujud zat padat/ cair/ gas. 8 drum yang berisi 8 liter air yang be

TUGAS REMEDIAL MATEMATIKA

Ujian Akhir Semester untuk semua mata pelajaran sudah usai. Sekarang guru sedang mengolah keseluruhan nilai yang akan didokumenkan dalam bentuk rapot, kalian hanya tinggal menunggu hasilnya seperti apa, maksimalkah? Beragam perasaan setelah UAS pasti muncul untuk memprediksikan nilai yang akan kalian dapatkan, puas, setengah puas, atau tidak puas sama sekali. Tapi ingat nilai akademis bukanlah segalanya! Khusus di mata pelajaran matematika, pengolahan nilai sudah hampir selesai. Nilai yang diolah diambil dari pengamatan guru dikelas selama proses pembelajaran berlangsung, nilai UTS, dan nilai UAS. Besaran persentase pengolahan nilainya yaitu 60% diambil dari nilai proses, 20% dari nilai UTS, dan 20% dari nilai UAS.  Sejujurnya ada besaran persentase yang sangat signifikan yang bisa mengangkat nilai kalian, yaitu nilai kasih sayang. hehehe term and condition nya berlaku yaa..  Hasil pengolahan nilai sementara cukup menggembirakan. Hanya saja ada yang perlu disesalkan bagi beber

DREAM WALL ( Mudahnya Mewujudkan Cita-cita )

INTRO "Apapun yang kamu bayangkan, inginkan dengan sungguh-sungguh, percaya dengan sepenuh hati, dan bertindaklah dengan antusias, TIDAK MUNGKIN TIDAK TERWUJUD! " Okeh disela-sela waktu memeriksa tugas siswa yang sedang sibuk prakerin -an , tiba-tiba terlintas begitu saja terpikir untuk mendesain kelas menjadi lebih cozy (artikan saja sendiri yaa) hehehe Yang terpikir adalah bagaimana mengevaluasi hasil prakerin siswa. Maksudnya? Ya, sekedar ingin tahu sejauh mana siswa sudah meng- capture dunia kerja. Meng- capture disini maksudnya sudah berapa banyak sosok-sosok di dunia kerja yang direkam oleh otak siswa such as Boss, HRD, KaBag, KaDiv. dsb., dan seberapa kuat keinginan mereka untuk menjadi sosok-sosok yang mereka sudah rekam.,atauuuu sama sekali tidak terpikirkan oleh mereka untuk menjadi sosok-sosok yang disebutkan tadi! hehe Nah, INTRO diatas saya coba realisasikan dengan membuat "DREAM WALL"! Alat untuk menjaga mood siswa untuk konsisten me