Skip to main content

Perbedaan Angka dan Nilai

Hiyaaa sudah resmi liburan? hehehe Raport sudah dibagi yaa, bagaimana dengan hasilnya?memuaskan? hehehe nilai matematikanya bagaimana? ada yang mau di komplen? ^^

Terlepas dari hasil yang sudah kalian terima, angka-angka yang ada di raport itu adalah gambaran dari proses pembelajaran yang sudah kalian lewati  selama satu semester terakhir ini dude, so ikhlasin aja yaa.. hehehe

Ada catatan kecil nih tentang angka-angka yang muncul di raport yang mesti kalian renungkan.  Kalian harus cerdas membedakan angka dan nilai.

Bapak garis bawahi lagi yaa.. angka dan nilai!

Sifat angka itu abstrak, hah? maksudnya? kalian tau ini angka berapa >>  8? DELAPAN, iya tepat! tapi kalian tau wujud angka 8 seperti apa? hehehe. Ingat ke pelajaran IPA bagaimana karakteristik benda yang berwujud zat padat, cair, dan gas.

Nah, sekarang bagaimana dengan nilai 8? nilai 8 bisa jadi makna nya ada 8 macam buah benda yang berwujud zat padat/ cair/ gas. 8 drum yang berisi 8 liter air yang bersuhu 8 derajat celsius.

Masih bingung? hehehe

Angka itu berbeda dengan nilai ya, maksudnya?

Karena angka bersifat abstrak, angka berapapun yang kalian dapatkan di raport harus bisa dipertanggungjawabkan sebisa mungkin agar angka itu bisa bernilai untuk kalian! see?

Meskipun kalian mendapatkan angka 1, 33 (versi rapot kutil, 1, 33 ada di kategori D+), tetapi kalian bisa mempertanggungjawabkannya dengan menunjukan kemampuan (skill) kalian, maka 1, 33 itu akan sangat bernilai untuk kalian, bahkan nilai kemampuan kalian bisa lebih tinggi dibanding dengan angka 1, 33 yang sudah kalian dapatkan di raport!


Beda cerita bila kalian mendapatkan angka 4 (versi kutil, 4 itu nilai tertinggi) tetapi kalian tidak mempunyai skill untuk mempertanggungjawabkannya, angka 4 yang sudah kalian dapatkan itu akan menjadi sia-sia, karena tak bernilai untuk menunjang life skill kalian.

Sudah paham ya? jadi sesungguhnya yang harus kalian kejar itu adalah nilai bukan angka!

Nah, kalau sudah paham, tinggal dibuktikan saja di semester 2 nanti, kalau kalian memang layak mendapatkan angka 4, karena nilai kalian sesungguhnya melebihi angka 4!

Eitsss, jangan tunggu semester 2 ketang, pembuktian terhadap angka-angka di raport kalian sudah bisa kalian terapkan pada saat praktek kerja industri sekarang.

Buktikan kalau kalian memang layak mendapatkan angka terbaik untuk kemampuan kalian!

Selamat liburan.. ehhhh salah selamat prakerin! hehehe Enjoy it!

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS REMEDIAL MATEMATIKA

Ujian Akhir Semester untuk semua mata pelajaran sudah usai. Sekarang guru sedang mengolah keseluruhan nilai yang akan didokumenkan dalam bentuk rapot, kalian hanya tinggal menunggu hasilnya seperti apa, maksimalkah? Beragam perasaan setelah UAS pasti muncul untuk memprediksikan nilai yang akan kalian dapatkan, puas, setengah puas, atau tidak puas sama sekali. Tapi ingat nilai akademis bukanlah segalanya! Khusus di mata pelajaran matematika, pengolahan nilai sudah hampir selesai. Nilai yang diolah diambil dari pengamatan guru dikelas selama proses pembelajaran berlangsung, nilai UTS, dan nilai UAS. Besaran persentase pengolahan nilainya yaitu 60% diambil dari nilai proses, 20% dari nilai UTS, dan 20% dari nilai UAS.  Sejujurnya ada besaran persentase yang sangat signifikan yang bisa mengangkat nilai kalian, yaitu nilai kasih sayang. hehehe term and condition nya berlaku yaa..  Hasil pengolahan nilai sementara cukup menggembirakan. Hanya saja ada yang perlu disesalkan bagi beber

DREAM WALL ( Mudahnya Mewujudkan Cita-cita )

INTRO "Apapun yang kamu bayangkan, inginkan dengan sungguh-sungguh, percaya dengan sepenuh hati, dan bertindaklah dengan antusias, TIDAK MUNGKIN TIDAK TERWUJUD! " Okeh disela-sela waktu memeriksa tugas siswa yang sedang sibuk prakerin -an , tiba-tiba terlintas begitu saja terpikir untuk mendesain kelas menjadi lebih cozy (artikan saja sendiri yaa) hehehe Yang terpikir adalah bagaimana mengevaluasi hasil prakerin siswa. Maksudnya? Ya, sekedar ingin tahu sejauh mana siswa sudah meng- capture dunia kerja. Meng- capture disini maksudnya sudah berapa banyak sosok-sosok di dunia kerja yang direkam oleh otak siswa such as Boss, HRD, KaBag, KaDiv. dsb., dan seberapa kuat keinginan mereka untuk menjadi sosok-sosok yang mereka sudah rekam.,atauuuu sama sekali tidak terpikirkan oleh mereka untuk menjadi sosok-sosok yang disebutkan tadi! hehe Nah, INTRO diatas saya coba realisasikan dengan membuat "DREAM WALL"! Alat untuk menjaga mood siswa untuk konsisten me