Skip to main content

PPDB 2018/2019 SMA-SMK YADIKA SOREANG

Tips Memilih Sekolah yang Tepat


Menjelang Tahun Ajaran Baru 2018/ 2019 blog Kehidupan Sekolah ingin membantu kalian semua yang sedang kebingungan memilih sekolah untuk melanjutkan study kejenjang berikutnya, terutama siswa kelas IX yang baru saja tuntas melaksanakan kegiatan Ujian Nasional 2017/ 2018.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebelum berbagi tips, catat dulu nih tanggal-tanggal penting untuk siswa kelas IX ^^

Pengumuman Kelulusan Siswa Kelas IX : 23 Mei 2018
Seleksi Nilai Hasil Ujian (NHU) Pendaftaran Masuk SMA/SMK Negeri (Jawa Barat) : 2-6 Juli 2018
Pengumuman Seleksi NHU (Jawa Barat) : 10 Juli 2018
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) : 16 Juli 2018
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Jangan lupa dicatat ya!

Okay, sekarang kita mulai berbagi pengalaman berbagi tipsnya!

Kita samakan dulu frekuensi yaa.. hehehe (Silakan dijawab didalam hati)
Benarkah anda deg-degan menunggu hasil UN?
Benarkah anda berharap nilai UN di rata-rata 9?
Benarkah anda berharap bisa masuk sekolah negeri?
hehehe

Baiklah, saya bantu aminkan... aamiiinnnnn .. ^^


Pada umumnya, bisa melanjutkan study di Sekolah Negeri adalah cita-cita semua orang, karena beranggapan masuk ke sekolah negeri itu dinilai lebih berprestasi dibandingkan masuk sekolah swasta? Right?


FYI, sekolah itu tempat menumbuhkan potensi, baik negeri maupun di swasta asalkan potensi kalian bisa muncul, berarti sekolah tersebut bisa dikategorikan SEKOLAH HEBAT.


Jadi, misalnya anda tidak bisa masuk ke sekolah negeri, anda tidak perlu berkecil hati, yang penting anda bisa dengan tepat memilih sekolah yang bisa menemukan potensi terbaik anda!
(Catat!)

Berikut adalah Tips Memilih Sekolah yang bisa Menumbuhkan Potensi Anda!


  1. Hilangkan pandangan bahwa sekolah negeri dan sekolah swasta memiliki kualitas yang berbeda, semua sekolah sama baiknya, semua sekolah sama bagusnya.
  2. Cari sekolah yang Kumplit Fasilitasnya! Kenapa? karena fasilitas belajar akan banyak menunjang sekaligus mengasah skill anda!
  3. Cari info mengenai tenaga pengajar di sekolah tersebut, dengan mengetahui latar belakang tenaga pengajar di sekolah tersebut, anda akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan gaya mengajarnya, hal ini akan semakin memudahkan anda untuk menemukan potensi terbaik anda!
  4. Cari info mengenai Kegiatan Ekstrakurikuler di sekolah tersebut, semakin banyak eksul yang ada di sekolah tersebut, maka sudah dipastikan semaik aktif siswanya, dan ini akan membantu anda menggali potensi terbaik anda. "Percayalah sekolah bukan hanya bicara "Kerajinan Tangan" (artinya hanya menulis mengerjakan tugas tanpa makna), tetapi bicara "Kerajinan untuk menemukan POTENSI"
  5. Teruntuk siswa kelas IX, anda dihadapkan beragam jenis sekolah ditingkatan Sekolah Menengah Atas, anda harus pandai memilih; Apakah akan masuk SMA,MA, SMK, MAK, Pesantren/ Sekolah Keagamaan?

Kenapa harus memilih SMA atau MA?
Jika anda berniat untuk melajutkan study ke jenjang Universitas, baiknya anda memilih SMA atau MA, karena kedalaman materi di SMA berbeda dengan SMK, lebihnya jika anda tertarik untuk belajar Agama Islam lebih lanjut anda bisa memilih jenjang MA.

Kenapa harus memilih SMK atau MAK?
Jika anda berniat selepas sekolah ingin bekerja, anda harus memilih SMK atau MAK, kenapa? karena orientasi SMK adalah memfokuskan diri menyiapkan siswanya untuk siap menjadi petarung di dunia Industri. Lebihnya jika anda tertarik untuk belajar Agama islam lebih lanjut anda bisa memilih jenjang MAK.

Catat, SMK memiliki banyak Kompetensi Keahlian! Anda dituntu sedini mungkin menyesuaikan pilihan kompetensi keahlian agar tidak kebingungan pada saat pembelajaran di kelas. 
Anda yang hobi bongkar pasang Komputer atau desain-desaianan atau main games boleh memilih Komptensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak
Anda yang hobi menghitung boleh memilih Kompetensi Keahlian Akuntansi
Anda yang hobinya jalan-jalan atau masak-masakan anda boleh memilih Kompetensi Keahilan Akomodasi Perhotelan.

dan hobi-hobi anda yang laninnya boleh di cek di sini
Pilihan Kompetensi Keahlian SMK

Demikian tips memilih sekolah yang sesuai dengan kebutuhan, semoga bermanfaat.

Bagi anda yang berada di sekitaran Kabupaten Bandung, boleh bergabung dengan
SMA-SMK Yadika Soreang 
dan bisa banyak diskusi dengan saya ^^

Oh iya kunjungi juga laman resmi sekolah kami di www.smkyadikasoreang.sch.id ^^
Untuk informasi lebih lanjut silakah unduh E-Brosur kami DISINI

https://drive.google.com/file/d/1oiFGcNzhQWiRM-2I0_T4pT8xnPgvUzCE/view?usp=sharing


Sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Angka dan Nilai

Hiyaaa sudah resmi liburan? hehehe Raport sudah dibagi yaa, bagaimana dengan hasilnya?memuaskan? hehehe nilai matematikanya bagaimana? ada yang mau di komplen? ^^ Terlepas dari hasil yang sudah kalian terima, angka-angka yang ada di raport itu adalah gambaran dari proses pembelajaran yang sudah kalian lewati  selama satu semester terakhir ini dude , so ikhlasin aja yaa.. hehehe Ada catatan kecil nih tentang angka-angka yang muncul di raport yang mesti kalian renungkan.  Kalian harus cerdas membedakan angka dan nilai. Bapak garis bawahi lagi yaa.. angka dan nilai ! Sifat angka itu abstrak, hah? maksudnya? kalian tau ini angka berapa >>  8? DELAPAN , iya tepat! tapi kalian tau wujud angka 8 seperti apa? hehehe . Ingat ke pelajaran IPA bagaimana karakteristik benda yang berwujud zat padat, cair, dan gas. Nah, sekarang bagaimana dengan nilai 8? nilai 8 bisa jadi makna nya ada 8 macam buah benda yang berwujud zat padat/ cair/ gas. 8 drum yang berisi 8 liter air yang be

TUGAS REMEDIAL MATEMATIKA

Ujian Akhir Semester untuk semua mata pelajaran sudah usai. Sekarang guru sedang mengolah keseluruhan nilai yang akan didokumenkan dalam bentuk rapot, kalian hanya tinggal menunggu hasilnya seperti apa, maksimalkah? Beragam perasaan setelah UAS pasti muncul untuk memprediksikan nilai yang akan kalian dapatkan, puas, setengah puas, atau tidak puas sama sekali. Tapi ingat nilai akademis bukanlah segalanya! Khusus di mata pelajaran matematika, pengolahan nilai sudah hampir selesai. Nilai yang diolah diambil dari pengamatan guru dikelas selama proses pembelajaran berlangsung, nilai UTS, dan nilai UAS. Besaran persentase pengolahan nilainya yaitu 60% diambil dari nilai proses, 20% dari nilai UTS, dan 20% dari nilai UAS.  Sejujurnya ada besaran persentase yang sangat signifikan yang bisa mengangkat nilai kalian, yaitu nilai kasih sayang. hehehe term and condition nya berlaku yaa..  Hasil pengolahan nilai sementara cukup menggembirakan. Hanya saja ada yang perlu disesalkan bagi beber

DREAM WALL ( Mudahnya Mewujudkan Cita-cita )

INTRO "Apapun yang kamu bayangkan, inginkan dengan sungguh-sungguh, percaya dengan sepenuh hati, dan bertindaklah dengan antusias, TIDAK MUNGKIN TIDAK TERWUJUD! " Okeh disela-sela waktu memeriksa tugas siswa yang sedang sibuk prakerin -an , tiba-tiba terlintas begitu saja terpikir untuk mendesain kelas menjadi lebih cozy (artikan saja sendiri yaa) hehehe Yang terpikir adalah bagaimana mengevaluasi hasil prakerin siswa. Maksudnya? Ya, sekedar ingin tahu sejauh mana siswa sudah meng- capture dunia kerja. Meng- capture disini maksudnya sudah berapa banyak sosok-sosok di dunia kerja yang direkam oleh otak siswa such as Boss, HRD, KaBag, KaDiv. dsb., dan seberapa kuat keinginan mereka untuk menjadi sosok-sosok yang mereka sudah rekam.,atauuuu sama sekali tidak terpikirkan oleh mereka untuk menjadi sosok-sosok yang disebutkan tadi! hehe Nah, INTRO diatas saya coba realisasikan dengan membuat "DREAM WALL"! Alat untuk menjaga mood siswa untuk konsisten me