Skip to main content

BEST PRACTICE: ALTERNATIF PUNISHMENT SISWA

Hari ke-18 ramadhan, mumpung kuota masih ada, coba download aplikasi Blogger For Android.. Niatnya sih, ingin konsisten menulis (apapun itu) yang terpikirkan, yang terlihat, yang terasa, tulis aja lah semua.. hehe
Kebetulan materi nya belum ada yang fresh, ya sebagai pengawal, saya coba posting ulang konten yang pernah di post di instagram @handrizakk
Seonggok cerita yang mudah-mudahan bisa menjadi manfaat buat pembaca blog Kehidupan Sekolah..
Okay.. Check this out!
FRESH FORM THE OVEN!
Jumat, 20 Mei 2016
A REAL STORY!
JUST SHARE..
Ahmad Anggrian siswa yg sy banggakan hari ini..
Semua Guru Piket dibuat Mati Kutu, gara2 dia bengal dimasalah datang telat..
Kemarin, kamis 19 mei kebetulan d jam pertama kosong, sy temani guru piket
seperti biasanya, Ahmad dtg telat 20menitan setelah bel masuk..
tdk seperti siswa yg lainya, yg sy kenakan sanksi dtg telat, sy hanya memberikan tantangan ke Ahmad
"oke mad, sy tdk akan memberikan sanksi buat kamu hr ini, setuju?"
"ah yg bener pak?, setuju bgt pak"
"tapi, sy mau bsk km dtg lebih pagi dr saya, bisa?"
for notice ahmad tdk lgsg menyanggupi, dia malah keukeuh meminta utk diberi sanksi saja
"ah, ga bs mad, bpk keukeuh ga mau ngasih hukuman buat kamu hari ini, tp bp mau hari besok dan 5 hari kedepan kamu ga telat lagi, sanggup?"
Si ahmad mikir lagi, tp pd akhirnya menyanggupinya dgn nada tdk yakin 100%
"diusahakan pak"
dan luar biasanya hari ini, jumat 20 mei Ahmad dtg lebih awal daripada saya!!
"Assalamualaikum pak, ehm!"
"Wah?? jam brapa skrg? bpk ga salah liat?, keren mad!! ini sejarah!, Den tolong poto in sy dgn Ahmad, ini sejarah, Ajaib Ahmad hari ini datang tdk terlambat!"
Dan Luar biasaaaa.. Mood ngajar hari ini naik berlipat2 karena Ahmad mencetak sejarah!
Dikelas, yg kebetulan ada jam ngajar dgn Ahmad, sy tak hentinya memuji dia dihadapan teman2nya..
Mudah2an Ahmad konsisten dan terus komit utk datang lebih pagi daripada saya..
Just share!
Sekolah manusia adalah yg memanusiakan siswa2nya, ibarat kertas yg sudah lecek, kalau kita berusaha utk merapikan kertas itu hingga rapi kembali, masih bisa kok..
Menghukum itu bukan berarti harus kejam, mereka juga (siswa) masih manusia..
Menghukum dgn memberikan tantangan positif kpd mereka bisa jd solusi..
Jangan lupakan juga cara menghukum yg menyenangkan buat mereka, seolah mereka sdg tidak diberikan hukuman, dan jgn sampai menghukum, yg dpt merendahkan harga diri mereka..
Mudah2an bermanfaat..
Mudah2an Ahmad dan teman2nya tidak datang telat lagi.. hehe

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Angka dan Nilai

Hiyaaa sudah resmi liburan? hehehe Raport sudah dibagi yaa, bagaimana dengan hasilnya?memuaskan? hehehe nilai matematikanya bagaimana? ada yang mau di komplen? ^^ Terlepas dari hasil yang sudah kalian terima, angka-angka yang ada di raport itu adalah gambaran dari proses pembelajaran yang sudah kalian lewati  selama satu semester terakhir ini dude , so ikhlasin aja yaa.. hehehe Ada catatan kecil nih tentang angka-angka yang muncul di raport yang mesti kalian renungkan.  Kalian harus cerdas membedakan angka dan nilai. Bapak garis bawahi lagi yaa.. angka dan nilai ! Sifat angka itu abstrak, hah? maksudnya? kalian tau ini angka berapa >>  8? DELAPAN , iya tepat! tapi kalian tau wujud angka 8 seperti apa? hehehe . Ingat ke pelajaran IPA bagaimana karakteristik benda yang berwujud zat padat, cair, dan gas. Nah, sekarang bagaimana dengan nilai 8? nilai 8 bisa jadi makna nya ada 8 macam buah benda yang berwujud zat padat/ cair/ gas. 8 drum yang berisi 8 liter air yang be

TUGAS REMEDIAL MATEMATIKA

Ujian Akhir Semester untuk semua mata pelajaran sudah usai. Sekarang guru sedang mengolah keseluruhan nilai yang akan didokumenkan dalam bentuk rapot, kalian hanya tinggal menunggu hasilnya seperti apa, maksimalkah? Beragam perasaan setelah UAS pasti muncul untuk memprediksikan nilai yang akan kalian dapatkan, puas, setengah puas, atau tidak puas sama sekali. Tapi ingat nilai akademis bukanlah segalanya! Khusus di mata pelajaran matematika, pengolahan nilai sudah hampir selesai. Nilai yang diolah diambil dari pengamatan guru dikelas selama proses pembelajaran berlangsung, nilai UTS, dan nilai UAS. Besaran persentase pengolahan nilainya yaitu 60% diambil dari nilai proses, 20% dari nilai UTS, dan 20% dari nilai UAS.  Sejujurnya ada besaran persentase yang sangat signifikan yang bisa mengangkat nilai kalian, yaitu nilai kasih sayang. hehehe term and condition nya berlaku yaa..  Hasil pengolahan nilai sementara cukup menggembirakan. Hanya saja ada yang perlu disesalkan bagi beber

DREAM WALL ( Mudahnya Mewujudkan Cita-cita )

INTRO "Apapun yang kamu bayangkan, inginkan dengan sungguh-sungguh, percaya dengan sepenuh hati, dan bertindaklah dengan antusias, TIDAK MUNGKIN TIDAK TERWUJUD! " Okeh disela-sela waktu memeriksa tugas siswa yang sedang sibuk prakerin -an , tiba-tiba terlintas begitu saja terpikir untuk mendesain kelas menjadi lebih cozy (artikan saja sendiri yaa) hehehe Yang terpikir adalah bagaimana mengevaluasi hasil prakerin siswa. Maksudnya? Ya, sekedar ingin tahu sejauh mana siswa sudah meng- capture dunia kerja. Meng- capture disini maksudnya sudah berapa banyak sosok-sosok di dunia kerja yang direkam oleh otak siswa such as Boss, HRD, KaBag, KaDiv. dsb., dan seberapa kuat keinginan mereka untuk menjadi sosok-sosok yang mereka sudah rekam.,atauuuu sama sekali tidak terpikirkan oleh mereka untuk menjadi sosok-sosok yang disebutkan tadi! hehe Nah, INTRO diatas saya coba realisasikan dengan membuat "DREAM WALL"! Alat untuk menjaga mood siswa untuk konsisten me