Skip to main content

Semangat Berwirausaha para Guru Muda

Selamat menjalankan ibadah puasa Bapak/Ibu Guru sahabat KSGN (Komunitas Sejuta Guru Nge-Blog)

Baru saja berselancar di jejaring sosial Facebook lalu cek Group KSGN, ada Pak Wijaya Kusumah yang menyematkan postingannya dengan konten posting lomba blog dengan tema "Guru dan Ramadhan". Dengan semua persyaratan yang ada, saya coba memberanikan diri.... untuk mengikuti kegiatan ini. Sejujurnya hanya mengasah kemampuan posting saja, karena sudah lumayan lama vakum nge-blog. hehehe

Baiklah sahabat KSGN saya akan coba memotret aktivitas Guru selama bulan puasa ini, tentunya yang saya potret ya rekan-rekan disekolah tempat kami mengajar di daerah Soreang, Kabupaten Bandung.

Usai pembagian raport kenaikan kelas berlalu memang minim sekali aktivitas yang ada disekolah, tercatat disekolah tempat saya mengajar hanya disibukan oleh kegiatan penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2015/2016 saja.

Sementara rapat awal tahun pelajaran baru belum dimulai, libur panjang yang kali ini berbarengan dengan bulan ramadhan tidak lantas membuat guru minim kegiatan. Diluar aktivitas sekolah yang saya sebutkan diatas, saya memotret beberapa rekan seperjuangan disekolah tengah getol merintis usaha di bulan yang penuh barokah, kebetulan bidang usaha yang tengah guru-guru hebat ini tekuni sesuai dengan mata pelajaran yang diampu disekolah. So.. mereka buktikan bahwa ilmunya bisa diterapkan langsung di dunia usaha secara mandiri.

Berikut saya potret mereka lewat tulisan sederhana ini untuk meramaikan KSGN hehehe

Pak Maryadi (Guru Produktif SMK Perhotelan Spesialis Tata Boga)

Guru muda yang satu ini punya semangat berwirausaha yang kuat, gaya mengajarnya yang supel, dan dengan cara pendekatannya dengan siswa disekolah terbilang asyik, masih berusaha mengilhami anak didik kami untuk mengikuti jejaknya ikut berwirausaha.



Pak Mar bersama "3 Idiot" nya


Sejalan dengan mata pelajaran yang diajarkan disekolah, Pak Mar sebutan akrabnya, tengah merintis bisnis minuman segar pelepas dahaga untuk berbuka puasa. Sop buah "3 Idiots" menjadi produk unggulan Pak Mar. Berbekal ilmu tata boga yang dimilikinya Pak Mar tidak hanya meraup keuntungan yang manis dari usaha Sop buahnya, tetapi juga dapat membuktikan bahwa ilmunya dapat diaplikasikan didunia usaha. Sekedar informasi nama "3 Idiots" diambil dari film produksi bollywood yang mengisahkan belajar itu harus dengan passion (minat). Minat Pak Mar selain mengajar memang ada didunia bisnis. Pak Mar masih punya kegiatan usaha toko baju di Pasar Baru Bandung, bisnis kue kering olahan dan yang terbaru bisnis minuman segar "3 Idiots" yang bisa Anda temukan di taman Kota Soreang, Kabupaten Bandung.

Bu Desita (Guru Prakarya dan Kewirausahaan)

Bu Desita bersama Cilok dan Cireng nya

Bu Des, sapaan akrabnya adalah rekan seperjuangan yang mengajar mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan. Modalitas ilmu kewirausahaannya ia terapkan betul, mengintip usaha di bulan ramadhan, merencanakan usahanya, dan take action!
Menjelang waktu magrib tiba Bu Des menggelar lapak "Cireng Cilok Aneka", persis tepat didepan rumahnya disebrang Hotel Antik Soreang. Semuanya dibuat sederhana karena menurutnya berwirausaha itu sederhana. Pesan Bu Des ini diharapkan juga sampai ke anak didik kami agar punya bakat berwirausaha tanpa harus pusing memikirkan ini-itunya, dan take action jadi kuncinya.

Bu Mela (Guru Bahasa Inggris)
Saking terlalu bersemangat Mrs. Mela Drop!

Mata pelajaran yang diampunya, boleh saja tidak ada kaitannya dengan usaha yang kini tengah dilakoni oleh Bu Mel. Tapi aktivitas di Bulan Ramadhan kali ini sungguh luar biasa padatnya. Bu Mel punya bisnis konveksi baju anak-anak yang baru saja dirintisnya, ia namakan D'Kiddos. Mungkin karena berkah bulan suci juga order baju kreasi Bu Mel tak pernah sepi pembeli.

Sebetulnya masih ada Bu Yuni dan Bu Yetti (Guru Produktif Tata Boga) yang merintis usaha kue lebaran, Bu Destia (Guru Bahasa Indonesia), Bu Riska (Guru Bahasa Sunda), Bu Silmi (Guru IPA) dan Bu Nurul (Matematika) yang sama-sama memiliki toko online shop kecantikan. Pa Indra (Guru Produktif Otomotif) yang punya bisnis rental mobil.  Pak Andreas (Guru Perhotelan) punya bisnis counter pulsa, Pak Fauzan (Guru Seni Budaya) punya rintisan usaha dibidang lukis melukis dan design grafis. Pak Chandra (Guru Bahasa Indonesia) juga mengikuti jejak Pak Mar untuk merintis bisnis minuman segar "Mie Cool" selama bulan Ramadhan.

Saya? ya beginilah saya memotret setiap kejadian didepan mata dengan tulisan, bersenjatakan laptop, dan speaker aktif. hehehe

Mudah-mudahan aktivitas diluar sekolahnya selama bulan suci puasa ini diberkahi, dan jangan lupa persiapkan amunisi-amunisi perangkat belajarnya ya Bapak/Ibu Guru untuk hadapi tahun pelajaran baru dengan penuh optimis untuk membentuk pribadi siswa yang berakhlak mulia, berkarakter tangguh, dan berorientasi masa depan.

Sampai jumpa di awal KBM diakhir pekan Juli!
Sehat Selalu!
Salam KSGN!

Comments

  1. guru kreatif yg mengasah enterprenershipnya dengan langsung praktik

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia Pak, alasan saya memotret mereka dalam tulisan ini, semoga bisa menginspirasi guru yang lainnya.. Terima kasih kunjungannya pak..

      Delete
  2. keren pak keren,,
    kenapa bapak tak mengikuti salah satu jejak dari mereka hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dia pembaca setia :D hehehe.. keren fid! banyak baca banyak pengetahuan, satu langkah lebih maju dari kebanyakan orang! lanjutkan!
      btw.. btw siapa bilang bapak ga ikut jejak mereka? hihihi moal beja2 tau-tau udah jadi asrtis aja lah pokonya mah..

      eh blog fidi naon?

      Delete
  3. Selamat artikel ini menjadi salah satu pemenang lomba blog KSGN

    ReplyDelete
  4. congrat....tetap semangat menulis & ngeblog !!

    ReplyDelete
  5. selamat ya menjadi salah satu pemenang LSGN, mohon kirimkan data alamat lengkapnya ke wijayalabs@gmail.com, tks
    http://wijayalabs.blogspot.com/2015/08/pemenang-pemenang-lomba-blog-ksgn.html

    ReplyDelete
  6. segera sms omjay di hp 08159155515 untuk ambil hadiahnya di telkom bandung sabtu 26 september 2015

    ReplyDelete

Post a Comment

Selamat datang di blog handrizakk.blogspot.com, Mari berbagi dengan tulisan. Sahabat bisa temukan saya di f: Handri Zakki Pratama | t: @handrizakk

Popular posts from this blog

Perbedaan Angka dan Nilai

Hiyaaa sudah resmi liburan? hehehe Raport sudah dibagi yaa, bagaimana dengan hasilnya?memuaskan? hehehe nilai matematikanya bagaimana? ada yang mau di komplen? ^^ Terlepas dari hasil yang sudah kalian terima, angka-angka yang ada di raport itu adalah gambaran dari proses pembelajaran yang sudah kalian lewati  selama satu semester terakhir ini dude , so ikhlasin aja yaa.. hehehe Ada catatan kecil nih tentang angka-angka yang muncul di raport yang mesti kalian renungkan.  Kalian harus cerdas membedakan angka dan nilai. Bapak garis bawahi lagi yaa.. angka dan nilai ! Sifat angka itu abstrak, hah? maksudnya? kalian tau ini angka berapa >>  8? DELAPAN , iya tepat! tapi kalian tau wujud angka 8 seperti apa? hehehe . Ingat ke pelajaran IPA bagaimana karakteristik benda yang berwujud zat padat, cair, dan gas. Nah, sekarang bagaimana dengan nilai 8? nilai 8 bisa jadi makna nya ada 8 macam buah benda yang berwujud zat padat/ cair/ gas. 8 drum yang berisi 8 liter air yang be

TUGAS REMEDIAL MATEMATIKA

Ujian Akhir Semester untuk semua mata pelajaran sudah usai. Sekarang guru sedang mengolah keseluruhan nilai yang akan didokumenkan dalam bentuk rapot, kalian hanya tinggal menunggu hasilnya seperti apa, maksimalkah? Beragam perasaan setelah UAS pasti muncul untuk memprediksikan nilai yang akan kalian dapatkan, puas, setengah puas, atau tidak puas sama sekali. Tapi ingat nilai akademis bukanlah segalanya! Khusus di mata pelajaran matematika, pengolahan nilai sudah hampir selesai. Nilai yang diolah diambil dari pengamatan guru dikelas selama proses pembelajaran berlangsung, nilai UTS, dan nilai UAS. Besaran persentase pengolahan nilainya yaitu 60% diambil dari nilai proses, 20% dari nilai UTS, dan 20% dari nilai UAS.  Sejujurnya ada besaran persentase yang sangat signifikan yang bisa mengangkat nilai kalian, yaitu nilai kasih sayang. hehehe term and condition nya berlaku yaa..  Hasil pengolahan nilai sementara cukup menggembirakan. Hanya saja ada yang perlu disesalkan bagi beber

DREAM WALL ( Mudahnya Mewujudkan Cita-cita )

INTRO "Apapun yang kamu bayangkan, inginkan dengan sungguh-sungguh, percaya dengan sepenuh hati, dan bertindaklah dengan antusias, TIDAK MUNGKIN TIDAK TERWUJUD! " Okeh disela-sela waktu memeriksa tugas siswa yang sedang sibuk prakerin -an , tiba-tiba terlintas begitu saja terpikir untuk mendesain kelas menjadi lebih cozy (artikan saja sendiri yaa) hehehe Yang terpikir adalah bagaimana mengevaluasi hasil prakerin siswa. Maksudnya? Ya, sekedar ingin tahu sejauh mana siswa sudah meng- capture dunia kerja. Meng- capture disini maksudnya sudah berapa banyak sosok-sosok di dunia kerja yang direkam oleh otak siswa such as Boss, HRD, KaBag, KaDiv. dsb., dan seberapa kuat keinginan mereka untuk menjadi sosok-sosok yang mereka sudah rekam.,atauuuu sama sekali tidak terpikirkan oleh mereka untuk menjadi sosok-sosok yang disebutkan tadi! hehe Nah, INTRO diatas saya coba realisasikan dengan membuat "DREAM WALL"! Alat untuk menjaga mood siswa untuk konsisten me